Workshop Evaluasi Kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Kurikulum menjadi hal yang penting dalam proses belajar mengajar. Perubahan kurikulum dari masa ke masa akan terus berlangsung dengan menyesuaikan dengan kondisi kehidupan saat itu. Berbicara tentang kurikulum, khususnya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menjadi hal yang perlu dibicarakan demi penguatan kompetensi alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan nantinya. 

Bertempat di RM. Adi Jaya Gowa, Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan. Pada kegiatan ini, panitia mengundang dua narasumber yaitu Zulfahmi Alwi, P.hD. dari Lembaga Penjamin Mutu UIN Alauddin, dan Dr. Andi Ibrahim, Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin. Menurut Zulfahmi, ada beberapa tantangan kurikulum di PTKIN yang perlu diketahui oleh jurusan-jurusan yang ada di PTKIN, di antaranya yaitu kurukulum yang ada saat ini tidak/kurang relevan dengan kondisi saat ini. Beliau juga menambahkan bahwa ketika jurusan merumuskan capaian pembelajaran (learning outcomes) harus selalu melihat visi universitas, UIN Alauddin.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa stakeholders, alumni, mahasiswa, dan juga dosen-dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan ini berlangsung menarik karena kegiatan ini memberikan stimulasi, khususnya kepada Jurusan Ilmu Perpustakaan guna meningkatkan kompetensi yang akan dimiliki oleh alumni mereka nanti. 

Pada sesi kedua, yang disampaikan langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan, Andi Ibrahim, S.Ag., M.M., banyak membahas mengenai mata kuliah-mata kuliah yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini di Jurusan Ilmu Perpustakaan. Kontribusi dari para stakeholders, alumni, dan juga beberapa mahasiswa(i) yang sempat hadir menguatkan rancangan kurikulum ke depannya. Satu poin yang disepakati bersama yaitu pada semester 7 tidak ada lagi mata kuliah yang diprogram oleh mahasiswa(i) Jurusan Ilmu Perpustakaan dikarenakan mata kuliah tersebut akan dipindahkan pada semester-semester sebelumnya. Ini dilakukan agar para mahasiswa(i) dapat melakukan KKN dan PKL saja, tanpa ada mata kuliah lagi di semester tersebut. 

Mari kita bersama-sama mengembangkan jurusan kita yang tercinta ini, agar dapat melahirkan alumni yang memang kompeten dan utamanya berakhlak mulia.