Pengukuhan Guru Besar Prof. Andi Sukri Syamsuri

  • 31 Oktober 2022
  • 10:28 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prof Dr H Andi Sukri Syamsuri A Md S Pd M Hum, resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang Ilmu Linguistik Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Makassar itu dikukuhkan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis dalam rapat Senat Terbuka Luar Biasa di Gedung Auditorium Kampus II UIN, Senin (31/10/2022).

Prof Dr Andi Sukri dalam pidato pengukuhannya menyampaikan terkait Neologisme Linguistik di Masa Pandemi Covid 19 : Studi Kasus di Indonesia dan Malaysia.

Dia mengatakan, terdapat enam kategori bentuk neologisme yang muncul di Indonesia dan Malaysia yaitu bentuk penggunaan kata, frasa, klausa, kalimat, singkatan dan akronim.

Dari enam kategori tersebut, lanjut Andi Sukri, penggunaan kata tidak ditemukan di Indonesia. Sementara di Malaysia ditemukan ada delapan kategori penggunaan kata.

Pada sisi lainnya, tambah Andi Sukri penggunaan frasa di Indonesia terlihat lebih banyak digunakan daripada di Malaysia. Begitu juga dengan penggunaan singkatan lebih dominan di Indonesia daripada Malaysia bahkan penggunaan akronim tidak ditemukan di Malaysia. "Hal ini memperlihatkan bahwa baik di Indonesia maupun Malaysia memunculkan bentuk neologisme yang berbeda dan menandai adanya bentuk kreativitas berbahasa dalam menjelaskan fenomena Covid 19," jelasnya.