Digital Inclusion for the Faculty Members: A Case Study

  • 02:29 WITA
  • Administrator
  • Artikel

Abstsrak

    Bidang informasi mengalami transformasi yang sangat pesat dengan pemanfaatan teknolog informasi dalam setiap aktivitas masyarakat. Namun, kondisi geografis

    masyarakat yang beragam telah menyebabkan kesenjangan digital dalam aksesibilitas teknologi di masyarakat Indonesia, sedangkan perkembangan teknologi yang pesat menuntut pemerataan kemampuan dan penguasaan teknologi ke seluruh masyarakat luas. Sebagai pusat informasi, perpustakaan sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk menggunakan teknologi informasi melalui inklusi digital. Perpustakaan dapat menjalankan peran inklusi digital melalui penyediaan perangkat teknologi, kebebasan akses oleh masyarakat. Studi kasus ini mengkaji tentang peran Perpustakaan UIN Alauddin dalam inklusi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, untuk mengetahui tanggapan mahasiswamengenai ketersediaan perangkat teknologi informasi yang disediakan oleh perpustakaan, aksesibilitas dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fasilitas tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa fasilitas teknologi informasi yang disediakan oleh perpustakaan dan kemudahan akses telah membantu mahasiswa untuk mendapatkan sumber informasi dengan mudah dan cepat. Penyediaan fasilitas teknologi informasi yang memadai dan kemudahan akses perpustakaan berperan membantu mahasiswa untuk lebih mengenal perangkat digital sehingga dapat beradaptasi dengan cepat terhadap setiap perkembangan teknologi yang ada.


    https: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/28667