Profil

Jurusan Ilmu Perpustakaan berada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar

Kompetensi lulusan:

a.      Mampu mengaplikasikan ilmu kepustakawanan, dokumentasi, dan informasi pada perpustakaan dan lembaga dokumentasi dan informasi lainnya.

b.      Mampu melaksanakan administrasi perpustakaan, dokumetasi, dan informasi

c.    Mampu mempergunakan teknologi infomasi untuk ilmu kepustakawanan, dokumentasi, dan informasi

 

Tujuan dari JIP FAH UINAM:

a.      Menghasilkan lulusan yang memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak

b.      Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi:

1) Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang ilmu kepustakawanan, dokumentasi, dan informasi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.

2) Mampu menerapkan ilmu kepustakawanan, dokumentasi, informasi, dan keterampilan yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dalam pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.

3) Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang ilmu kepustakawan, dokumentasi, dan informasi.

4) Mampu mengikuti perkembangan ilmu kepustakawanan, dokumentasi, dan informasi.


Sejarah

Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora berdiri berdasarkan SK Direktur Jenderal Pembinaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor: E/86/1999 Tanggal 5-5-1999

 

Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora berdiri berdasarkan SK Direktur Jenderal Pembinaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor: E/86/1999 Tanggal 5-5-1999.

Pada masa awal berdirinya, Jurusan Ilmu Perpustakaan dipimpin oleh Ketua Jurusan Drs. M. Jayadi Kasim, M.Ag. dan Sekretaris Jurusan Dra. Surayah Rasyid, M. Ag. (1999-2010).

Selanjutnya, Jurusan Ilmu Perpustakaan dipimpin oleh Ketua Jurusan M. Quraisy Mathar, S.Sos., M. Hum. dan Sekretaris Jurusan Ahmad Muwaffaq, S. Ag, M. Ag. (2010-2015).


Saat ini, Jurusan Ilmu Perpustakaan dipimpin oleh Ketua Jurusan A.Ibrahim, S. Ag., S.S., M.Pd.. dan Sekretaris Jurusan Himayah, S. Ag., S.S., MIMS (2015-sekarang).

 


Fasilitas

Jurusan Ilmu Perpustakaan FAH UINAM mempunyai fasilitas ruang kuliah di dua gedung, ruang Laboratorium untuk Praktikum, perpustakaan, akses ke multimedia dan fasiltas pendukung lainnya yang disediakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Aauddin Makassar