Perwakilan Prodi Ilmu Perpustakaan Berkunjung Ke Perpustakaan Nasional Dalam Rangka Audiensi Dengan Kepala Perpustakaan Nasional

  • 24 November 2021
  • 03:51 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jumat, 19 November 2021 Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Irvan Muliyadi, S.Ag., SS., MA beserta dua orang dosen ilmu perpustakaan, Drs. H. Tawakkal, S.Sos., M.AP dan Saenal Abidin, S.I.P., M.Hum berkunjung ke perpustakaan nasional dalam rangka audiensi dengan kepala Perpustakaan Nasional, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut MoU yang telah terjalin sebelumnya antara pihak UIN Alauddin Makassar dan Perpustakaan Nasional. Saat audiensi, hadir pula deputi I bidang pengembangan jasa pustaka dan jasa informasi, serta Deputi II bidang pengembangan sumber daya perpustakaan. Kepala Perpustakaan Nasional dalam sambutannya menyampaikan bahwa, antara perpustakaan nasional dengan pihak perguruan tinggi secara umum dan UIN Alauddin pada khususnya harus bersinergi dan bersama-sama dalam menggalakkan literasi demi tercapainya harapan kita bersama yakni mencerdaskan generasi bangsa pemegang masa depan bangsa ini. Jika kita tidak bergerak sekarang ini, maka generasi kita akan dininabobokkan dengan kecanggihan teknologi yang ada dan mereka menjadi lalai dalam belajar serta tidak bisa memanfaatkan fasilitas dan kemajuan teknologi untuk meningkatkan wawasan keilmuan di masa depan.

Dalam kesempatan ini, ketua jurusan menyerahkan proposal permohonan bantuan pengembangan Laboratorium perpustakaan kepada kepala perpustakaan nasional. Beliau langsung menyampaikan kepada Ibu Deputi II perpusnas untuk diperhatikan dan diupayakan agar masuk dalam anggaran 2022.

Kegiatan selanjutnya adalah audiensi dengan biro hukum dan kerjasama perpustakaan nasional. Beliau menyampaikan bahwa ada 15 unit di perpusnas yg siap melakukan kerjasama, misalnya unit bantuan dana khusus dengan platform 2 - 10 M. Beliau juga menyampaikan bahwa proposal bantuan pengembangan laboratorium bisa masuk di unit ini di tahun 2022.

Selanjutnya, audiensi dengan unit bantuan bahan pustaka perpusnas dibawah naungan Deputi II bidang pengembangan sumber daya perpustakaan. Di unit ini, pihak prodi diminta mengajukan proposal bantuan buku untuk tahun 2022. Dalam sesi audiensi tersebut, pihak terkait langsung memberikan bantuan buku senilai puluhan juta rupiah. Buku DDC dan Tajuk subyek tersebut akan menjadi bahan praktik mahasiswa pada laboratorium ilmu perpustakaan UIN Alauddin Makassar.


Artikel by:

Saenal Abidin, S.I.P., M.Hum